KHUTBAH JUM'AT PEMIMPIN YANG ADIL
الْحَمْدُ ِللهِ الَّذِيْ أَنْعَمَنَا بِنِعْمَةِ اْلإِيْمَانِ وَاْلإِسْلاَمِ. وَنُصَلِّيْ وَنُسَلِّمُ عَلَى خَيْرِ اْلأَنَامِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى اَلِهِ وَصَحْبِهِ أَجْمَعِيْنَ أَمَّا بَعْدُ
أَشْهَدُ أَن لاَّ إِلَهَ إِلاَّ الله وَحْدَهُ لَا شَرِيْكَ لَهُ وَأَشْهَدُ أَنَّ مُـحَمَّداً عَبْدُهُ وَرَسُولُه.
أَللهُمَّ صَلِّ وَ سَلِّمْ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَ عَلَى آلِهِ وَ صَحْبِهِ أَجْمَعِيْنَ
أَعُوذُ بِاللَّهِ مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيمِ
يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا اتَّقُوا اللَّهَ حَقَّ تُقَاتِهِ وَلَا تَمُوتُنَّ إِلَّا وَأَنْتُمْ مُسْلِمُونَ
وَكَذَٰلِكَ نُوَلِّي بَعْضَ الظَّالِمِينَ بَعْضًا بِمَا كَانُوا يَكْسِبُونَ
Jama'ah sidang Jum'at yang dirahmati Allah, Marilah kita bersama sama Meningkatkan Kualitas Iman dan Taqwa kita kepada Allah Dengan Segenap kemampuan yang Allah berikan kepada kita semua. Pada kesempatan siang hari ini Khotib akan membawakan satu judul Khutbah yaitu
PEMIMPIN YANG ADIL
Jama'ah sholat Jum'at yang dimuliakan Allah, Sudah seharusnya Pemimpin yang adil memiliki beberapa sifat mulia Diantaranya adalah sifat
1. Sidiq (benar, Jujur , dapat dipercaya. Benar atau Jujur dalam Keyakinan Perkataan dan perbuatan. Hingga mampu menjalankan roda roda pemerintahan Dengan baik dan benar.
2. Amanah Dapat dipercaya, Pemimpin yang amanah akan bertanggung jawab atas apa yang diamanahkan kepadanya Baik amanah dari Allah Ataupun amanah dari rakyatnya
3. Cerdas: Cerdas dalam mengambil keputusan, Dalam bertindak, Dalam menentukan satu keputusan Berdasarkan Kitabullah dan Assunah. Tidak berpihak kepada siapapun Dalam menentukan hukuman. Sungguh pemimpin yang adil akan dicintai rakyatnya. Terdapat sebuah kisah yg hampir semua Ummat Islam mengetahui nya beliau adalah seorang pemimpin yang dicintai rakyatnya Pada suatu malam Umar mengajak asistenya Aslam melakukan ronda keliling kota. Umar melihat sebuah pondok dengan kompor yang menyala di tengah jalanan yang sepi. Umar juga mendengar suara anak-anak yang menangis dari pondok tersebut. Amirul Mukminin kemudian pergi ke pondok tersebut untuk mengetahui kondisi sebenarnya. Umar melihat seorang ibu yang terlihat memasak sesuatu di tengah pondok dikelilingi anak-anak yang menangis. Umar kemudian mengetuk pintu pondok dan bertanya penyebab anak-anak tersebut menangis. Umar juga bertanya makanan yang sedang dimasak ibu tersebut untuk anak-anaknya, ibu tersebut menjawab anak-anaknya menangis karena lapar. Di dalam panci yang dimasak sebetulnya adalah air dan batu. Sang ibu berharap anak-anaknya lelah jimenunggu masakan matang hingga akhirnya tertidur. Semua bahan makanan yang ada dalam rumah tersebut sudah habis, hingga dia dan anak-anaknya kelaparan selama tiga hari belakangan.Umar bin Khattab kemudian segera ke Baitul Mal dan mengambil bahan makanan yang diperlukan ibu dan anak-anaknya. Sang khalifah membawa dan memberikan sendiri bahan makanan pada keluarga tanpa bantuan Aslam. Umar kemudian masuk ke dalam pondok dan membantu sang ibu memasak untuk anak-anaknya. Makanan tersebut kemudian diberikan pada anak-anaknya hingga tak lagi merasa lapar. Semoga para pemimpin nergri ini bisa mengikuti jejak Umar bin Khotib Dicintai rakyat dan Menyayangi rakyat
Masyiral muslimin rahimaku Mullah, tetapi sampai isi surat yang di perintahkan kepada salah satu sahabat dan juga pemimpin angat mendidik dan memotivasi ebagian surat Umar bin Khaththab yang ditujukan pada Abdullah bin Qais. Isi surat tersebut mengajak agar Abdullah berbuat adil dalam melaksanakan tugas-tugas nya. bdullah bin Qais? adalah Abu Musa al-Asy'ari, yang bernama asli Abdullah bin Qais bin Sulaim al-Asy'ari, adalah salah seorang sahabat Nabi Muhammad. Abu Musa al-Asy'ari berasal Yaman, dan masuk Islam di Mekkah sebelum terjadinya Hijrah. esungguhnya, peradilan adalah kewajiban asasi dan sunnah yang harus diikuti. Bila suatu perkara diajukan padamu, maka fahamilah. Dan putuskanlah jika telah jelas kemaslahatannya, karena sebenarnya tidaklah ada artinya membicarakan suatu keadilan jika tanpa ada pelaksanaan nya. ama ratakanlah manusia (pihak-pihak yang berperkara) dalam majelismu, dalam pandanganmu dan dalam keadilanmu. Hal ini dimaksudkan agar orang-orang berkedudukan tinggi tidak membuatmu menyeleweng, dan orang yang lemah tiada sampai putus asa karena keputusanmu itu. Adanya saksi adalah wajib bagi penggugat (penuduh/pendakwah ), sedang sumpah itu wajib atas pihak yang menolak gugatan (tuduhan/dakwaan). Boleh mengadakan perdamaian di antara kaum muslimin, kecuali perdamaian yang menghalalkan yang haram dan mengharamkan yang halal. jangnlah sekali-kali engkau bisa dihalangi oleh suatu keputusan yang telah engkau jatuhkan hari ini, kemudian engkau tinjau kembali, lalu engkau memperoleh petunjuk agar engkau kembali kepada kebenaran. Sebab, kebenaran itu harus didahulukan, tak dapat dibatalkan oleh apa pun. Sedangkan kembali kepada kebenaran itu lebih baik dari pada daripada terus bergelimang dalam kebatilan. fahmilah dengan sungguh-sungguh tentang perkara yang diajukan kepadamu, yang tidak terdapat ketentuan hukumnya dalam Al-Qur'an dan tidak terdapat pula dalam sunnah Rasulullah saw. Lalu bandingkanlah perkara-perkara itu dengan hal yang sama di dalam kitabullah dan sunnah Rasul, pegangilah mana hukum yang menurut pendapatmu lebih diridhai Allah dan lebih mendekati kebenaran. itulah petunjuk dlam menentukan suatu perkara dengan adil, menyamaratakan semua golongan, sehingga hukum menjadi 'tajam' dirasakan semua lapisan masyarakat. Al-Qur'an dan Sunnah adalah landasan berpijak dalam memutuskan suatu perkara, dan peganglah hukum yang diridhai Allah. Seorang pemimpin yang berpegang pada petunjuk ini akan dicintai dan dirindukan rakyatnya.
Adil juga berlaku dalam pembagian pengelolaan sumber-sumber kekayaan negara, berilah kesempatan agar masyarakat yang berkemampuan dapat menciptakan nilai tambah. Penumpukkan pengelolaan sumber daya negara akan menimbulkan kecemburuan, ini bisa berakibat adanya rasa tidak suka pada golongan tertentu. Pemimpin yang menjadikan sebab itu akan menuai penurunan popularitas. Namun, jika amanah tersebut menjadi landasan memimpin, in syaa Allah keadilan akan terjaga dalam suasana yang harmonis.
Pemimpin yang adil berfungsi untuk menegakkan sesuatu yang menyeleweng, meluruskan semua yang bengkok, memperbaiki semua yang rusak, sebagai pilar kekuatan bagi yang lemah, sebagai tempat perlindungan bagi yang haknya dirampas dan keadilan bagi orang yang teraniaya. Adapun pemimpin yang adil bagaikan :
1. Seorang ayah yang menyayangi anak-anaknya, menenuhi kebutuhan di masa kecil, mngajarinya ketika sang anak membutuhkannya, bekerja untuk anak-anak serta menabung sebagai cadangan masa depan.
2. Seorang ibu yang pengasih dan berlaku baik pada anak-anaknya. Mengandungnya dengan sabar serta melahirkan dengan penuh perjuangan. Memelihara dan mendidiknya diwaktu kecil. Menyusui dan menyapih pada saatnya, merasa senang bila anaknya sehat dan bersedih saat anaknya sakit.
3. Hati yang berfungsi terhadap semua anggota badan. Jika hati baik maka baiklah seluruh anggota badan, dan jika hati lagi jelek maka jelek pula seluruh anggota badan. Maka bagi seorang pemimpin bukan kenikmatan karena kekuasaannya, namun jauh lebih berat karena tanggung jawabnya. Bagaimana dia harus menjadi orang tua terhadap seluruh rakyatnya, melayani, mendidik dan melepaskannya menjadi orang-orang yang mandiri. Kemandirian rakyatnya secara akumulatif akan membantu ekonomi suatu negeri. Para pemimpin janganlah melihat kekuasaanmu saat ini, namun lihatlah kekuasaanmu disaat engkau dibelenggu oleh kematian. Kekuasaan menjadi sangat berarti sebagai wasilah untuk kebaikan bukan keserakahan.
Masyiral muslimin rahimaku mullah. Jika jadi pemimpin jadilah pemimpin yang adil Jika sebagai rakyat Jadilah Rakyat yang Selalu berbenah menebar berbagai kebaikan Dan tidak berbuat zalim kepada sesama Tapi jika sebaliknya..?
Allah telah berfirman dalam Al Qur'an
وَكَذَٰلِكَ نُوَلِّي بَعْضَ الظَّالِمِينَ بَعْضًا بِمَا كَانُوا يَكْسِبُونَ
"Dan demikianlah Kami jadikan sebagian orang-orang yang zalim itu menjadi pemimpin bagi sebagian yang lain disebabkan apa yang mereka usahakan" (QS Al-'An`ām: 129)
Demikianlah khutbah Jum,at yang singkat ini semoga negri kita yang subur ini dikaruniakan pemimpin yang adil dan berpihak kepada rakyatnya. Aamiin Allahhumma Aamiin.
بَارَكَ اللهُ لِي وَلَكُمْ فِي القُرْأنِ العَظِيْمِ وَنَفَعَنِي وَاِيَّاكُمْ بِمَا فِيْهِ مِنَ ال اَيَاتِ وَ ذِكْرِالحَكِيْمِ وَ تَقَبَّلَ اللهُ مِنِّي وَمِنْكُمْ تِلَاوَتَهُ اِنَّهُ هُوَ السَّمِيْعُ العَلِيْمِ
KHUTBAH KE2
الْحَمْدُ لِلَّهِ الَّذِي لَهُ مَا فِي السَّمَاوَاتِ وَمَا فِي الْأَرْضِ وَلَهُ الْحَمْدُ فِي الْآخِرَةِ وَهُوَ الْحَكِيمُ الْخَبِيرُ
أَشْهَدُ أَن لاَّ إِلَهَ إِلاَّ الله وَحْدَهُ لَا شَرِيْكَ لَهُ وَأَشْهَدُ أَنَّ مُـحَمَّداً عَبْدُهُ وَرَسُولُه.
أَللهُمَّ صَلِّ وَ سَلِّمْ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَ عَلَى آلِهِ وَ صَحْبِهِ أَجْمَعِيْنَ
يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا اتَّقُوا اللَّهَ وَقُولُوا قَوْلاً سَدِيدًا يُصْلِحْ لَكُمْ أَعْمَالَكُمْ وَيَغْفِرْ لَكُمْ ذُنُوبَكُمْ وَمَنْ يُطِعِ اللَّهَ وَرَسُولَهُ فَقَدْ فَازَ فَوْزًا عَظِيمًا.
إِنَّ اللَّهَ وَ مَلَئكتَهُ يُصلُّونَ عَلى النَّبىِّ يَأَيهَا الَّذِينَ ءَامَنُوا صلُّوا عَلَيْهِ وَ سلِّمُوا تَسلِيماً
اَللهُمَّ اغْفِرْ لِلْمُؤْمِنِيْنَ وَاْلمُؤْمِنَاتِ وَاْلمُسْلِمِيْنَ وَاْلمُسْلِمَاتِ اَلاَحْيآء مِنْهُمْ وَاْلاَمْوَاتِ
اَللهُمَّ
رَبَّنَا ظلمناأَنْفُسَنَا وَإِنْ لَمْ تَغْفِرْ لَنَا وَتَرْحَمْنَا لَنَكُونَنَّ مِنَ الْخَاسِرِينَ
رَبَّنَا هَبْ لَنَا مِنْ أَزْوَاجِنَا وَذُرِّيَّاتِنَا قُرَّةَ أَعْيُنٍ وَاجْعَلْنَا لِلْمُتَّقِينَ إِمَامًا
رَبَّنَا اغْفِرْلَنَا ذُنُوْبَنَا وَلِوَالِدِيْنَا وَارْحَمْهُمَا كَمَا رَبَّيَانَاصِغَارًا
رَبَّنَا آتِناَ فِى الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِى اْلآخِرَةِ حَسَنَةً
وَقِنَا عَذَابَ النَّار
وَقِنَا عَذَابَ النَّار
وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ
سُبْحَانَ رَبِّكَ رَبِّ الْعِزَّةِ عَمَّا يَصِفُونَ وَسَلامٌ عَلَى الْمُرْسَلِينَ وَالْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِينَ
عِبَادَاللهِ.
إِنَّ اللهَ يَأْمُرُ بِاْلعَدْلِ وَاْلإِحْسَانِ وَإِيْتآءِ ذِي اْلقُرْبىَ وَيَنْهَى عَنِ اْلفَحْشآءِ وَاْلمُنْكَرِ وَاْلبَغْي يَعِظُكُمْ لَعَلَّكُمْ تَذَكَّرُوْنَ وَاذْكُرُوا اللهَ اْلعَظِيْمَ يَذْكُرْكُمْ وَاشْكُرُوْهُ عَلىَ نِعَمِهِ يَزِدْكُمْ وَلَذِكْرُ اللهِ أَكْبَرْ
0 komentar:
Posting Komentar